7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

  • Whatsapp
logo

Ilustrasi memperlancar haid – Image from id.pinterest.com

Read More

Loading...

Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping Kamu mengalami jadwal haid yang semrawut? Atasi dengan 7 cara memperlancar haid berikut ini.

Haid adalah siklus bulanan yang dialami oleh semua wanita yang sudah cukup umur. Kendati demikian, ada beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak teratur. 

Lalu bagaimana sih cara mengatasi haid yang tidak lancar tersebut? Simak ulasannya dalam 7 cara memperlancar haid berikut ini.

Cara Memperlancar Haid

Setiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda. Haid yang normal adalah haid yang datang setiap 21 hingga 35 hari sekali. Sedangkan haid disebut tidak teratur jika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari haid yang normal.

Untuk kamu yang mengalami haid tidak teratur, jangan khawatir. Pasalnya, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar haid, mulai dari merubah gaya hidup, mengkonsumsi bahan-bahan alami, hingga obat dari dokter.

Dan berikut berbagai pilihan cara memperlancar haid yang terlambat:

1. Istirahat yang cukup

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan istirahat – Image from id.pinterest.com

Mungkin terlihat sepele, namun siapa sangka jika istirahat yang cukup berguna untuk memperlancar haid. Hal ini karena stres pikiran dan lelah fisik dapat mempengaruhi siklus haid.

Saat mengalami stres atau kelelahan, kamu mungkin akan mengalami haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan begadang karena kebiasaan satu ini membawa banyak penyakit.

Tidur yang cukup membantu tubuh dan pikiran kamu lebih rileks, sekaligus menjaga kinerja hormon pengatur menstruasi. Kamu harus mengusahakan tidur selama 7 hingga 8 jam dalam semalam.

Agar tidurmu lebih nyenyak, redupkan atau matikan lampu satu jam sebelum tidur. Lalu atur suhu kamar agar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. Jauhkan semua alat elektronik dan jangan memainkannya sebelum tidur karena akan membuatmu tidak fokus untuk tidur.

Kamu juga bisa membiasakan mandi air hangat sebelum tidur, kegiatan ini dapat membantu menghilangkan pegal sekaligus merilekskan pikiran setelah seharian beraktivitas.

Hindari pula minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh di malam hari, karena minuman tersebut bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam.

2. Meditasi

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan meditasi – Image from id.pinterest.com

Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu memperlancar haid agar cepat selesai. Meditasi ini berfungsi untuk membantu mengurangi stres dengan cara menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Kamu bisa melakukan meditasi dengan cara:

  • Cari tempat yang tenang untuk duduk, bisa di dalam atau di luar ruangan.
  • Duduklah dengan posisi tubuh yang tegak dengan tangan rileks di atas paha.
  • Ambil napas melalui hidung, lalu hembuskan perlahan melalui mulut
  • Tenangkan pikiran dengan cara memfokuskan diri pada suara napas dan suara-suara di sekitar kamu.

Usahakan untuk bermeditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Karena kebiasaan ini akan membuat tidurmu lebih nyenyak dan di pagi harinya, kamu jadi lebih bersemangat.

3. Menjaga berat badan yang ideal

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan menjaga BB – Image from id.pinterest.com

Badan yang terlalu kurus dan terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi kamu. Oleh sebab itu, jagalah berat badan tetap ideal agar bisa memperlancar haid tiap bulannya.

Mulailah menjaga berat badan dengan membiasakan makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Olahraga membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, nggak cuma itu aja, olahraga juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

Selain itu, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral harian kamu.

Jika kamu kesulitan mencapai berat badan yang stabil, mintalah bantuan dokter ataupun ahli gizi. Dokter akan membantu mencarikan metode yang paling tepat untuk membantu menaikkan atau menurunkan berat badan kamu.

4. Mengkonsumsi vitamin D

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan vitamin D – Image from id.pinterest.com

Vitamin D terbukti efektif mampu membantu penyerapan kalsium dalam usus sehingga bagus untuk kesehatan tulang. Tapi tahukah kamu, vitamin D juga bisa membantu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur, lho?

Yap, hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menyebutkan bahwa, terdapat hubungan antara vitamin D yang rendah dan haid yang tidak teratur.

Haid yang tidak teratur adalah salah satu gejala yang muncul ketika kamu memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebuah penelitian membuktikan bahwa kombinasi antara suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin mampu melancarkan haid wanita dengan PCOS.

Vitamin D bisa kamu dapatkan dari matahari pagi. Jadi, kamu cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 hingga jam 8 selama kurang lebih 15 menit setiap harinya.

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, dan sereal.

Kamu juga bisa menambah asupan vitamin D dengan cara mengkonsumsi suplemen. Tapi ingat ya, sebelum mengkonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Baca Juga :
1. 8 Cara Menghilangkan Daki 100% Ampuh Kembali Bersih
2. Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat
3. Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali?

Bahan Alami Untuk Memperlancar Haid

Memperlancar haid minum apa, sih? Nah, selain dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, kamu juga bisa memperlancar haid dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Memang sih, belum banyak penelitian tentang bahan herbal untuk melancarkan haid. Tapi nggak ada salahnya mencoba berbagai bahan alami ini sebagai cara untuk melancarkan haid, antara lain:

1. Jahe

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan minum jahe – Image from id.pinterest.com

Minum jahe untuk melancarkan haid sepertinya bukanlah hal yang baru lagi, pasalnya sudah banyak orang yang mempraktekkan cara ini. Dan berikut cara menggunakan jahe sebagai obat melancarkan haid:

  • Rebus jahe dalam sepanci kecil air panas. 
  • Tuangkan air jahe dalam gelas.
  • Tambahkan gula atau madu agar rasanya lebih nikmat.

Ingat ya, kamu bisa mencoba cara ini setelah memastikan tidak alergi jahe. Akan tetapi sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim jahe sebagai obat alami pelancar haid.

2. Kayu manis

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan minum kayu manis – Image from id.pinterest.com

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manis atau cinnamon dapat membantu melancarkan haid serta membantu mengatasi PCOS.

Dalam pengobatan Tiongkok, kayu manis dipercaya ampuh memberikan efek panas dalam tubuh. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi kayu manis sebagai obat untuk melancarkan haid dengan cara melarutkan kayu manis bubuk ke dalam segelas susu ataupun teh hangat.

Akan tetapi sayangnya, masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk memastikan manfaat jahe dalam memperlancar haid tersebut.

3. Kunyit

7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

Ilustrasi memperlancar haid dengan minum kunyit – Image from id.pinterest.com

Kandungan senyawa kurkumin dalam kunyit dipercaya mampu mengurangi peradangan, sehingga kamu bisa mengkonsumsi kunyit untuk membantu melancarkan haid. Namun ingat ya, kamu bisa melakukan pengobatan alami ini setelah memastikan tidak memiliki alergi terhadap kunyit.

Kamu bisa mencampur kunyit dengan teh, madu, ataupun susu. Gunakanlah buah kunyit asli yang telah digeprek atau kunyit bubuk agar lebih praktis.

Itulah 3 bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat memperlancar haid. Oh iya, banyak mitos yang beredar dalam masyarakat bahwasanya kita bisa memperlancar haid dengan soda. Lalu apakah hal itu benar?

Sayangnya mitos tersebut adalah hal yang keliru. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa ternyata tidak ada hubungan sama sekali antara minuman bersoda dengan hormon dan faktor psikis lainnya yang menyebabkan haid tidak teratur.

Selain itu, kandungan dalam minuman bersoda yang berlebihan ternyata juga dapat menimbulkan luka pada usus, dan berisiko pada berat badan serta gangguan haid itu sendiri. Oleh karena itu, jangan mudah percaya mitos ya! Semoga bermanfaat.

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...

Komentar