10 Rincian Biaya Hidup di Sydney, Kota Termahal Australia

  • Whatsapp

Selain Selandia Baru, Australia adalah negara lain yang menjadi tujuan favorit mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi atau kuliah. Kualitas pendidikan yang bagus dan lingkungan yang multikultur menjadi alasan terkait hal ini.

Bahasa resmi yang digunakan juga cukup mudah untuk dipelajari, yakni Bahasa Inggris. Hal ini juga memudahkan para mahasiswa untuk berkomunikasi dengan warga lokal dan memiliki komunitas internasional.

Read More

Beberapa kota yang sering menjadi tujuan mahasiswa internasional di Australia adalah Sydney dan Melbourne. Di dua kota ini kalian juga bisa menemukan banyak orang Indonesia lho. Meskipun kabarnya, banyak yang lebih memilih Melbourne karena alasan biaya hidup.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Sydney per bulan pada tahun 2020? Apakah benar, kota ini adalah yang paling mahal? Jika dibandingkan Sydney vs Melbourne, apakah berbeda jauh? Yuk, simak dulu rinciannya.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus kalian pikirkan saat akan merantau ke Sydney adalah tempat tinggal. Biaya untuk akomodasi adalah pengeluaran paling besar setiap bulannya. Harga sewa pun bervariasi, tergantung letak, luas hunian, dan fasilitas.

Untuk para mahasiswa, tinggal di asrama adalah salah satu pilihan yang paling tepat karena akan memangkas biaya transportasi. Rata-rata biaya untuk asrama mahasiswa adalah AUD 11.000 hingga 22.000 per tahun.

Selain asrama, tinggal bersama keluarga lokal di Australia alias homestay juga bisa menjadi pilihan alternatif lainnya. Untuk pilihan ini, kalian akan menghabiskan AUD 235 hingga 325 per minggu, sudah termasuk biaya kebersihan dan makanan.

Jika kalian ingin hunian yang bersifat lebih private, sewa apartemen bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. Tentu saja, harga sewa di pusat kota lebih mahal daripada di pinggiran kota.

Apartemen di pusat kota mencapai AUD 2.600 per bulan untuk satu kamar dan AUD 5.100 buat yang tiga kamar. Sementara itu, di pinggiran kota harga sewa apartemen satu kamar rata-rata adalah AUD 1.800 per bulan.

Untuk menghemat biaya akomodasi, kalian bisa berbagi apartemen dengan teman-teman alias sharing lho. Tidak hanya membagi biaya sewa, tapi juga akan membagi rata tagihan bulanan.

2. Tagihan Utilitas

Dengan menyewa atau memiliki tempat tinggal, tagihan utilitas menjadi pengeluaran lain yang tidak bisa dihindari setiap bulannya. Jumlah tagihan listrik dan air bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung pemakaian.

Namun, jika kalian tinggal di asrama, homestay, atau apartemen yang biaya sewanya sudah termasuk tagihan utilitas, biaya ini tidak lagi menjadi beban setiap bulannya.

Setidaknya, kalian perlu menyisihkan AUD 180 hingga 300 untuk membayar tagihan utilitas per bulannya.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting buat bertahan hidup adalah makan dan minum. Nah, biaya makan setiap orang bisa berbeda-beda ya tergantung gaya hidup masing-masing. Tentunya, masak sendiri akan lebih hemat.

Satu porsi makanan di restoran harganya berkisar dari AUD 15-20. Namun, buat kalian yang ingin fine dining, siapkan dana sebesar AUD 100 untuk dua orang. Ingin makanan yang lebih murah? Carilah restoran cepat saji, satu porsinya adalah AUD 10-13.

Untuk air mineral, satu botol 330 ml harganya sekitar AUD 2 hingga 4. Selain air mineral, banyak minuman lain yang bisa dibeli lho seperti beer, kopi, dan soda. Harganya berbeda-beda, tergantung jenis minuman dan tempatnya.

4. Biaya Transportasi

Buat menunjang mobilitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang anak rantau, kalian perlu mengeluarkan biaya transportasi. Jumlah biaya yang dikeluarkan tergantung dari jarak tempat tinggal kalian ke kampus.

Ada beberapa jenis moda transportasi yang bisa digunakan di Sydney seperti kereta, bus, dan ferry. Sistem pembayarannya pun sudah cashless yaitu dengan menggunakan kartu opal yang bisa diisi ulang.

Pada waktu-waktu tertentu seperti jam berangkat dan pulang kantor, biaya untuk transportasi bisa lebih mahal. Nah, rata-rata pengeluaran untuk transportasi per orang adalah AUD 50 per minggu.

Jika dihitung, dalam sebulan kalian bisa menghabiskan sebanyak AUD 200 hingga 220 untuk biaya transportasi.

5. Komunikasi

Agar bisa tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, kalian perlu mengeluarkan biaya untuk kartu ponsel. Ada beberapa provider di Australia dan masing-masing menawarkan harga yang berbeda.

Rata-rata pengeluaran untuk ponsel per bulan adalah AUD 25 hingga 55. Nah, ini bisa ditekan dengan cara memanfaatkan wi-fi di berbagai tempat umum ya. Jika kalian ingin pasang wifi di apartemen juga bisa lho, biayanya mencapai AUD 70 per bulan!

6. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, kalian juga perlu belanja berbagai kebutuhan bulanan seperti bahan-bahan masak, persediaan camilan, dan perlengkapan kebersihan. Biaya untuk hal ini berbeda-beda bagi setiap orang ya, tergantung kebutuhan dan gaya hidup.

Harga kebutuhan pokok di Sydney cukup mahal, misalnya satu kilogram beras harganya mencapai AUD 2.50. Satu kilogram daging ayam di kota ini mencapai AUD 11 dan daging merah harganya bisa AUD 18 per kilogram.

Budget untuk groceries per minggu rata-rata adalah AUD 80 hingga 100. Jika dihitung per bulan, kalian bisa menghabiskan AUD 320 hingga 400 untuk belanja kebutuhan pokok nih.

7. Pakaian

Australia adalah salah satu negara yang memiliki empat musim. Jika kalian berencana akan tinggal lama di Australia, maka sebagian besar perlu membeli pakaian baru, terutama untuk menghadapi pergantian musim.

Harga untuk pakaian bisa berbeda-beda, tergantung jenis dan mereknya. Untuk menekan biaya belanja, cobalah untuk membeli saat sedang berlangsung sale dimana harga per baju akan dipotong.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari sebagai anak rantau, sebagian besar dari kalian pasti perlu hiburan dan rekreasi di waktu luang. Biaya untuk hal ini juga berbeda setiap orang, tergantung gaya hidup.

Ingin refreshing yang gratis? Cobalah untuk mengunjungi taman-taman kota, di sana kalian bisa berolahraga sambil menikmati udara segar. Jika kalian ingin langganan member gym, rata-rata dikenakan biaya AUD 75 per bulan.

Harga tiket bioskop di Sydney rata-rata adalah AUD 20 per orang. Buat kalian yang suka traveling, tentunya ada biaya tambahan yang harus dibayar. Nah, itu semua tergantung dari tujuan kalian ya.

9. Dukungan Finansial

Selain dari dana pribadi, bagi kalian yang merasa butuh dukungan finansial bisa juga mencari beasiswa dari pemerintah. Biasanya, penerima beasiswa akan diberikan sejumlah uang saku yang harus diatur sebaik mungkin.

Bagi mahasiswa yang ingin mencari dana tambahan, kalian juga bisa kerja paruh waktu di Australia lho. Dalam satu minggu, maksimal seorang mahasiswa diperbolehkan bekerja hingga 20 jam dengan minimal upah sebesar AUD 12 per jam.

Jadi, jika kalian kerja paruh waktu di Australia, minimal pendapatan per minggu bisa mencapai AUD 240 atau setara dengan Rp. 2.510.000 lho! Wah, upah yang cukup besar ya?

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah uang minimal yang diperlukan untuk membiayai hidup di Sydney adalah AUD 3.240 per bulan atau setara dengan Rp. 33.884.017 jika 1 AUD sama dengan Rp. 10.458.

Namun, perlu diketahui bahwa angka di atas tidak bersifat mutlak ya, pasti bervariasi untuk setiap orang tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan. Selain itu, Sydney merupakan kota besar, jadi pasti berbeda dengan kota lain di Australia yang lebih kecil.

Nah, jadi apakah kalian tertarik merantau ke Negeri Kangguru?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *