10 Rincian Biaya Hidup di Kanada, Salah Satu Tujuan Favorit Untuk Kuliah

  • Whatsapp

Selain Amerika Serikat, Kanada adalah negara lain di Amerika Utara yang cukup terkenal sebagai tujuan favorit untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kualitas pendidikan yang baik dan lingkungan yang multikultur pun menjadi alasan utama terkait hal ini.

Tidak hanya itu, penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka akan memudahkan para mahasiswa dari seluruh dunia untuk berkomunikasi dengan masyarakat lokal dan memiliki komunitas internasional.

Read More

Setelah lulus, peluang untuk mendapatkan permanent residence di Kanada juga lebih besar daripada di negara-negara lain lho.

Nah, dengan alasan-alasan tersebut, tidak heran ya apabila banyak mahasiswa yang tertarik buat kuliah di Kanada? Namun, jika kalian ingin kuliah di Kanada, biaya hidup adalah hal lain yang harus menjadi pertimbangan. Wah, berapa ya?

Berikut ini adalah rincian biaya hidup di Kanada 2020 yang bisa dijadikan referensi bagi calon mahasiswa internasional. Yuk, simak dulu.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus kalian pikirkan saat akan merantau ke Kanada adalah tempat tinggal. Biaya untuk akomodasi adalah pengeluaran terbesar setiap bulannya dan jumlah setiap orang bisa berbeda-beda.

Harga sewa tempat tinggal pun bervariasi, tergantung letaknya, luas hunian, dan fasilitas yang diberikan. Kota Toronto dan Vancouver pun memiliki biaya sewa yang lebih tinggi daripada tempat-tempat lain di Canada.

Bagi para mahasiswa, tinggal di asrama bisa menjadi pilihan yang tepat terlebih untuk beberapa bulan hingga satu tahun pertama. Selain menghemat biaya transportasi, kebanyakan asrama kampus juga sudah menutupi biaya makan sehari-hari.

Harga sewa asrama juga bisa berbeda untuk setiap kampus, rata-rata berkisar dari CAD 3.000 hingga 7.500 per tahun.

Selain asrama, tinggal di homestay bersama keluarga angkat bisa menjadi pilihan alternatif lain. Bagi mahasiswa yang tinggal di homestay kalian bisa mendapatkan kamar sendiri dan makan 2-3 kali sehari.

Jika kalian ingin tinggal di homestay, ada deposit senilai CAD 200 di awal. Biaya per bulannya berkisar dari CAD 400 hingga 800.

Pilihan lain untuk akomodasi adalah dengan menyewa apartemen. Biaya sewa apartemen satu kamar berkisar dari CAD 750 hingga 2.200 per bulan. Jika ingin sewa apartemen tiga kamar, harganya mencapai CAD 2.700 hingga 4.500.

Jika ingin lebih murah, kalian bisa ajak teman lain untuk tinggal di apartemen yang sama.

Namun, jika kalian berencana untuk menetap di Kanada dalam waktu yang lama, membeli rumah bisa jadi pilihan yang tepat. Harga rumah jauh lebih murah di pedesaan daripada di kota, rata-rata sekitar CAD 500.000.

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki atau menyewa tempat tinggal, tagihan utilitas adalah pengeluaran lain yang tidak mungkin buat dihindari. Bagi kalian yang sewa asrama, mungkin sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal ini.

Asiknya lagi, sebagian besar apartemen sudah memasukkan tagihan utilitas ke biaya sewa bulanan mereka. Jika belum termasuk, setidaknya kalian perlu menyisihkan CAD 30 hingga 100 untuk biaya utilitas.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Bagi mahasiswa yang memilih untuk tinggal di asrama atau homestay, hal ini tidak lagi menjadi pengeluaran terbesar karena sudah masuk dalam biaya sewa.

Namun, buat yang tinggal di apartemen, tentunya kalian perlu mengeluarkan biaya untuk makan. Jumlah per orang bisa berbeda-beda, tergantung dari gaya hidup dan tentunya pilihan termurah adalah dengan masak sendiri.

Kanada adalah negara yang multikultural, sehingga kalian bisa menemukan makanan dari seluruh dunia di sini. Satu porsi makanan di restoran yang murah harganya berkisar dari CAD 12 hingga 20.

Sementara itu, untuk fine dining dua orang harganya mencapai CAD 50 hingga 85. Jika kalian ingin makanan yang murah, carilah restoran cepat saji yang satu porsi makanannya berkisar dari CAD 8 hingga 11.

Untuk minuman air mineral, satu botol harganya berkisar dari CAD 1-3, begitupun dengan soda. Harga minuman beralkohol juga bervariasi, tergantung dari jenisnya.

4. Biaya Transportasi

Buat menunjang mobilitas dalam keseharian sebagai anak rantau, tentu saja kalian perlu mengeluarkan biaya transportasi. Mahasiswa biasanya menggunakan transportasi umum dan yang paling sering digunakan adalah bus dan kereta metro.

Sistem pembayarannya sudah cashless dengan menggunakan kartu tap. Untuk satu kali jalan, rata-rata akan menghabiskan CAD 3. Sementara itu, buat satu bulan uang transportasi rata-rata CAD 80 hingga 110 di Vancouver.

Di kota yang lebih mahal seperti Toronto, biaya transportasi bulanan bisa mencapai CAD 150 lho. Namun, buat para mahasiswa kalian bisa mendapatkan diskon jika menggunakan kartu pelajar nih.

Pilihan lain untuk transportasi umum adalah taksi, dengan biaya CAD 2-6 per kilometernya. Jadi, total biaya yang keluar tergantung rutenya ya.

Jika kalian ingin menetap lama di Kanada, membeli mobil bisa menjadi pilihan untuk menghemat biaya transportasi. Harga mobil rata-rata adalah CAD 20.000, namun ada pengeluaran tambahan nih per bulan seperti bensin dan asuransi.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, kalian perlu membeli kartu ponsel. Nah, biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari provider. Harga bulanannya rata-rata CAD 30-55.

Biaya untuk kuota bisa ditekan dengan memanfaatkan wi-fi di tempat umum. Jika kalian ingin pasang internet di apartemen juga bisa, dengan harga kisaran CAD 70 hingga 80 per bulan.

6. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, tentu saja kalian perlu belanja berbagai kebutuhan bulanan yang mencakup bahan-bahan masak, persediaan camilan, dan perlengkapan kebersihan. Budget untuk hal ini bisa bervariasi setiap orang, tergantung kebutuhan dan gaya hidup.

Namun, mahasiswa rata-rata akan menghabiskan CAD 100 hingga 150 per bulan untuk belanja.

7. Asuransi Kesehatan

Kanada adalah salah satu negara yang memiliki sistem layanan kesehatan terbaik di dunia. Warga negara dan permanent residence bisa menikmati asuransi kesehatan, pemeriksaan, dan perawatan gigi gratis!

Beberapa provinsi pun menyediakan layanan kesehatan gratis untuk siswa internasional seperti Alberta, British Columbia, Manitoba Newfoundland dan Labrador, Saskatchewan, dan Northwest Territorries.

Hal ini berarti jika kalian tinggal di provinsi lainnya, asuransi kesehatan adalah hal yang wajib untuk dimiliki. Sebab, biaya konsultasi ke dokter mencapai CAD 100 dan obat-obatan berkisar dari CAD 10-25 lho!

Biaya untuk asuransi kesehatan di perusahaan swasta berkisar dari CAD 600-1000. Namun, tanggungannya bisa lebih besar daripada yang ditanggung pemerintah.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari keseharian sebagai anak rantau, tentunya sebagian besar dari kalian butuh hiburan dan rekreasi. Ada berbagai macam rekreasi yang bisa dinikmati di negara ini, dari indoor hingga outdoor.

Jika ingin refreshing gratis, kalian bisa berolahraga di taman-taman kota sambil menikmati udara segar. Harga member gym untuk satu bulan berkisar dari CAD 41 hingga 60. Untuk menonton bioskop. Kalian memerlukan biaya CAD 12-15.

9. Pakaian

Kanada adalah negara dengan empat musim yang berbeda. Beberapa dari kalian mungkin perlu beli pakaian baru untuk menghadapi pergantian musim. Nah, harga untuk pakaian bisa berbeda-beda tergantung dari jenis dan merknya ya.

Biaya untuk hal ini tidak harus dikeluarkan setiap bulan, hanya saat perlu membeli pakaian saja.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal biaya hidup di Kanada adalah CAD 1.355 atau 15.119.487 dalam Rupiah jika 1 CAD sama dengan Rp. 11.158.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *