10 Rincian Biaya Hidup di Hong Kong, Salah Satu Kota Termahal!

  • Whatsapp

Hong Kong dan Macau adalah dua tujuan liburan yang cukup digemari di Asia bagi wisatawan dari seluruh dunia. Disneyland, gedung-gedung tinggi, dan hiburan malamnya yang tidak kalah heboh dibandingkan dengan kota-kota di negara barat menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak hanya terkenal sebagai tujuan wisata, banyak juga orang yang kemudian pergi untuk menetap di Hong Kong untuk menjadi TKI, TKW atau mahasiswa. Hal ini disebabkan karena lingkungannya yang sangat business friendly dan gaji yang tinggi.

Read More

Namun, di balik gemerlap dan megahnya Hong Kong, biaya hidup di negara ini dikatakan lebih mahal daripada tetangga-tetangganya seperti Jepang dan Korea Selatan. Nah, memang semahal apa sih? Jika dibandingkan Hong Kong vs Singapura, mana yang lebih mahal?

Berikut ini adalah rincian biaya hidup di Hong Kong 2020 per bulan. Yuk, kita simak dulu.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus dipikirkan ketika kalian merantau ke Hong Kong adalah tempat tinggal. Biaya untuk akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar kecuali perusahaan tempat kalian bekerja telah menyediakannya secara gratis.

Apartemen adalah pilihan terbaik untuk akomodasi karena keterbatasan tanah di Hong Kong yang membuat rumah cukup jarang untuk ditemukan. Harga sewa apartemen pun berbeda-beda, tergantung lokasi, luas hunian, dan fasilitas yang disediakan.

Di pusat kota, harga sewa apartemen dengan satu kamar berkisar dari HKD 13.000 hingga 25.000 buat sebulan. Sementara itu, di pinggiran kota harga sewa apartemen satu kamar berkisar dari HKD 8.500 hingga 18.000 per bulan.

Banyak orang yang memilih buat tinggal di pinggiran kota karena biaya sewa yang lebih murah dan lingkungan yang tidak banyak dipenuhi tekanan. Selain itu, transportasi di Hong Kong juga sudah memadai sehingga memudahkan mobilitas.

Namun, jika kalian adalah seorang mahasiswa internasional, tinggal di asrama kampus juga bisa menjadi pilihan yang tepat lho. Rata-rata, harga sewa asrama per semester adalah HKD 5.000 hingga 15.000.

2. Tagihan Utilitas

Dengan menyewa tempat tinggal, tentu saja tagihan utilitas menjadi pengeluaran lain yang tidak bisa dihindari, terlebih bagi kalian yang sewa apartemen. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung pemakaian setiap orang.

Iklim di Hong Kong cenderung panas sepanjang tahun, jadi kemungkinan besar kalian akan membutuhkan pendingin ruangan buat sehari-hari. Jika kalian memiliki hewan peliharaan, maka ini sudah pasti biaya buat tagihan listrik jauh lebih banyak.

Setidaknya, kalian perlu menyisihkan HKD 800 hingga 1.000 per bulan buat membayar tagihan utilitas.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting adalah makan dan minum. Nah, biaya buat makan setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung dari gaya hidup. Namun, tentunya akan lebih mahal jika kalian makan di luar daripada masak sendiri.

Harga satu porsi sandwich dan segelas kopi untuk makan pagi berkisar dari HKD 30 hingga 40. Untuk satu porsi makan siang yang layak harganya berkisar antara HKD 60-70, sementara buat makan malam tidak berbeda jauh yaitu HKD 70-90.

Jika kalian makan dua kali dalam satu hari, maka minimal pengeluaran untuk konsumsi adalah HKD 90 per hari. Dengan demikian, total pengeluaran per bulan untuk makan adalah HKD 2.700!

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas sebagai anak rantau, kalian perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi umum. Kebanyakan dari anak rantau menggunakan transportasi umum karena sistem transportasi di Hong Kong adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Ada banyak moda transportasi umum di negara ini yang bisa digunakan untuk mobilitas dalam kehidupan sehari-hari kalian, dari MTR alias metro atau subway, city bus, ferry, tram, taksi, dan lain-lain.

Sistem pembayarannya pun juga sudah cashless, jadi kalian bisa membeli Octopus card dan melakukan top up sebutuhnya. Asiknya lagi, kartu ini bisa dibelanjakan di mini market juga lho.

Rata-rata, tarif untuk MTR adalah HKD 8 hingga 18 untuk satu kali jalan. Namun, jika kalian cukup sering untuk menggunakan metro, membeli tiket bulanan seharga HKD 500 adalah pilihan yang tepat.

Ferry juga menjadi salah satu moda transportasi populer di Hong Kong, terlebih buat kalian yang ingin melakukan perjalanan dari Tsim Sha Tsui ke Central atau sebaliknya. Harganya kira-kira berkisar dari HKD 2.20 hingga 3.70.

Buat yang ingin naik kendaraan lebih nyaman, taksi adalah pilihan yang lebih tepat. Tarifnya berbeda-beda, tergantung rute. Namun, tarif minimal adalah HKD 24 dan HKD 8.50 per kilometer.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman, kalian juga perlu biaya untuk kartu ponsel. Harga untuk paket akan berbeda setiap provider, namun rata-rata adalah HKD 250 hingga 400 per bulan.

Nah, pengeluaran untuk kartu ponsel bisa ditekan dengan cara memanfaatkan wi-fi di tempat-tempat umum ya. Buat yang ingin memasang wifi di apartemen juga bisa lho, harganya berkisar dari HKD 120 hingga 350 per bulan.

6. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, tentunya kalian perlu belanja berbagai kebutuhan pokok seperti bahan-bahan masak, persediaan camilan, perlengkapan kebersihan, dan lain-lain. Sistem belanja bisa per bulan atau per minggu, tergantung kebutuhan.

Harga kebutuhan pokok di Hong Kong cukup mahal. Satu kilogram beras dihargai HKD 17, sementara untuk ayam per kilogramnya bisa mencapai HKD 78. Harga daging merah lebih mahal lagi, yakni mencapai HKD 170 per kilogram.

Budget yang dikeluarkan untuk belanja bulanan setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung gaya hidup dan kebutuhan. Namun, setidaknya kalian perlu menyisihkan HKD 300 hingga 400 untuk belanja bulanan.

7. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari keseharian sebagai anak rantau, tentunya sebagian besar dari kalian perlu hiburan dan rekreasi. Di Hong Kong banyak sekali pilihan alternatif untuk hiburan, terlebih saat malam hari.

Harga minuman beralkohol di bar lokal rata-rata berkisar dari HKD 50 hingga 90 per botol. Sementara itu, harga satu tiket bioskop rata-rata adalah HKD 100.

Jika kalian ingin berolahraga, harga member gym untuk satu orang dewasa rata-rata adalah HKD 600 per bulan. Setidaknya, kalian perlu menyisihkan HKD 200 per minggu atau HKD 800 per bulan.

8. Pakaian

Jika kalian akan tinggal dalam kurun waktu yang lama di Hong Kong, kebutuhan untuk membeli pakaian baru bisa menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Budget setiap orang untuk hal ini tentu bisa berbeda-beda, dan belum tentu akan keluar setiap bulan.

Harga barang-barang yang bersifat high end tentu saja mahal. Misalnya, satu pasang jeans Levis mencapai HKD 611, dan sepatu kulit untuk pria dihargai HKD 940 per pasangnya.

9. Rata Rata Gaji

Nah, sebenarnya berapa sih rata-rata gaji untuk pekerja di Hong Kong? Terkait hal ini, tentu saja tergantung dari pekerjaan yang kalian jalani dan kebijakan setiap perusahaan. Gaji rata-rata untuk expat adalah HKD 1.379.508 per bulan!

Ada lagi sumber yang menyebutkan jika gaji rata-rata untuk pekerja pria adalah HKD 19.100 (Rp. 36.194.881) dan untuk wanita mencapai HKD 14.700 (Rp. 27.856.793) per bulan.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang dibutuhkan untuk biaya hidup di Hong Kong adalah HKD 19.870 atau setara dengan Rp. 37.654.046 jika 1 HKD sama dengan Rp. 1.895. Perlu diketahui bahwa angka ini tidak mutlak, tergantung dari gaya hidup setiap orang.

Nah, apakah menurut kalian biaya segitu murah?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *