10 Rincian Biaya Hidup di Bangkok, Murahkah?

  • Whatsapp

Hidup di kawasan Asia Tenggara disebut-sebut jauh lebih murah daripada di negara-negara barat. Iklim yang cenderung hangat sepanjang tahun pun membuat negara-negara di Asia Tenggara menjadi tujuan favorit bagi para imigran dari berbagai belahan dunia.

Tidak hanya Indonesia, Thailand pun kerap menjadi tujuan favorit untuk menetap dan bekerja bagi orang-orang dari negara barat lho. Selain itu, Thailand seringkali dijadikan tujuan untuk menetap bagi orang-orang Indonesia yang ingin tinggal di luar negeri dengan biaya murah.

Read More

Dengan biaya yang lebih murah daripada kota-kota besar lain di negara-negara barat, Bangkok sebagai ibukota Thailand menawarkan segala kenyamanan layaknya kota besar pada umumnya. Di kota ini, para imigran dari barat bisa hidup enak tanpa khawatir akan kehabisan uang.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Bangkok 2020 per bulan? Apakah ramah bagi kantong mahasiswa? Yuk, kita lihat dulu rinciannya.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus dipikirkan saat ingin merantau ke Bangkok adalah tempat tinggal. Rata-rata, expat di Bangkok menyewa apartemen atau kondominium sebagai hunian mereka.

Harga sewa untuk apartemen berbeda-beda, tergantung dari lokasi, luas hunian, dan fasilitas yang disediakan. Jika kalian tinggal di pusat kota yang dekat dengan transportasi dan segala fasilitas umum, pastinya lebih mahal daripada di pinggiran kota.

Sewa apartemen di kawasan pusat kota yang modern, dekat dengan transportasi umum dan tempat-tempat touristy harganya berkisar dari THB 18.000 hingga 24.000 per bulan, tergantung tingkat kemewahan bangunannya.

Sementara itu, di pinggiran kota yang cukup dekat dengan transportasi umum harga sewa apartemen berkisar dari THB 12.000 hingga 18.000 per bulan.

Jika kalian tinggal di daerah pinggiran yang jauh dari mana-mana, kalian akan menghabiskan biaya sewa yang lebih murah, yakni THB 7.000 hingga 12.000 dalam satu bulan.

2. Tagihan Utilitas

Dengan menyewa tempat tinggal, tentunya tagihan utilitas menjadi pengeluaran lain setiap bulan yang tidak bisa dihindari. Nah, jumlah untuk tagihan ini bervariasi karena tergantung dari pemakaian setiap orang ya.

Jika kalian cukup hemat dalam menggunakan listrik, mungkin tagihan hanya THB 600. Sebaliknya, jika kalian menghabiskan sebagian besar waktu di apartemen dengan menyalakan pendingin ruangan sepanjang hari, tagihan listrik bisa THB 2.000 sebulan!

Sementara itu, tagihan air cukup murah yakni hanya sekitar THB 300 per bulan. Namun, setidaknya kalian perlu menyiapkan THB 500 hingga 1.000 untuk membayar tagihan utilitas bulanan.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lainnya yang tidak kalah penting adalah makan dan minum. Sama seperti poin sebelumnya, biaya makan dan minum setiap orang pun bervariasi, tergantung gaya hidup.

Harga makanan di restoran internasional cukup mahal, yakni THB 470 hingga 940 per porsi. Sementara itu, harga makanan per porsi di restoran cepat saji rata-rata adalah THB 250 hingga 470.

Pilihan termurah adalah dengan masak sendiri dan sesekali beli street foods untuk makan. Setidaknya, kalian perlu menyiapkan dana sebesar THB 6.000 per bulan untuk makanan nih!

Untuk minuman, satu setengah liter air mineral dihargai sebesar THB 16 per botolnya. Minuman beralkohol juga banyak dijual di Bangkok, tentunya dengan harga yang variatif tergantung jenis dan ukurannya.

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas dalam kehidupan sehari-hari sebagai anak rantau, tentunya kalian perlu mengeluarkan biaya transportasi. Ada berbagai moda transportasi umum di Bangkok yang bisa kalian gunakan dengan tarif yang berbeda-beda.

Transportasi umum yang paling cepat adalah kereta bawah tanah dan skytrain dengan tarif THB 30 hingga 60 untuk satu kali jalan. Jadi, maksimal untuk transportasi satu hari kalian bisa menghabiskan THB 120.

Selain kereta, ada boat taxi yang lebih murah yakni di bawah THB 30 untuk satu kali jalan. Sesuai dengan namanya, boat taxi adalah transportasi air dengan memanfaatkan kanal dan sungai di Bangkok.

Jika kalian mau naik taksi juga bisa lho, tarifnya tergantung dari rute dan jarak yang kalian tempuh. Setidaknya, rata-rata pengeluaran untuk transportasi adalah sebesar THB 1.500 per bulan.

Namun, ini tergantung tempat tinggal kalian dan mobilitas masing-masing orang ya. Satu tips untuk menghemat uang transportasi adalah dengan mencari tempat tinggal di dekat tempat kerja atau kampus kalian.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman, kalian perlu mengeluarkan biaya untuk membeli kartu ponsel. Harga yang ditawarkan untuk ini tergantung dari setiap provider dan paket yang dipilih.

Namun, untuk provider tercepat per bulan akan memakan biaya sebesar THB 600. Sementara itu, jika kalian ingin memasang wi-fi di apartemen juga bisa lho dengan membayar THB 1.500 per bulan untuk provider tercepat!

6. Asuransi

Sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya untuk memiliki asuransi. Untuk expat yang berusia 50 tahun ke atas, asuransi kesehatan adalah hal yang wajib dimiliki lho.

Harga untuk premi asuransi yang harus dibayarkan per tahun berbeda-beda bagi setiap perusahaan. Semakin besar tanggungannya, maka akan semakin mahal pula harga premi asuransinya.

7. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, kalian juga perlu belanja berbagai kebutuhan pokok setiap bulan yang terdiri dari bahan-bahan masak, persediaan camilan, dan perlengkapan kebersihan. Biaya untuk belanja bulanan berbeda-beda setiap orang, tergantung kebutuhan kalian.

Untuk menghemat biaya, kalian bisa belanja buah dan sayur dari pasar tradisional ketimbang supermarket. Harga beras per kg bisa mencapai THB 40, sementara untuk daging ayam adalah THB 80 dan daging merah THB 300 per kg.

Pengeluaran untuk belanja bulanan akan jauh lebih banyak jika kalian tinggal dengan keluarga daripada yang hidup sendirian ya tentunya.

8. Hiburan dan Rekreasi

Buat melepas penat dari rutinitas sehari-hari, tentunya sebagian besar dari kalian perlu hiburan dan rekreasi. Bangkok adalah kota besar di Thailand yang memiliki aneka hiburan untuk dinikmati masyarakatnya.

Bagi kalian yang suka ke bar lokal dan minum beer, rata-rata akan menghabiskan THB 313 untuk satu kali kunjungan. Namun, bar yang lebih mahal akan menghabiskan biaya yang lebih banyak ya.

Jika kalian ingin memiliki member gym juga bisa lho, rata-rata seharga THB 785 hingga 1252 per bulan. Nah, jika ingin nonton bioskop kalian perlu THB 315 hingga 470 untuk membeli tiketnya.

9. Kebutuhan Lain

Beberapa kebutuhan lain adalah pakaian, langganan Netflix dan Youtube premium, biaya perawatan, dan lain-lain. Ini adalah kebutuhan sekunder jadi tidak harus dikeluarkan setiap bulannya, tergantung kemampuan finansial seseorang.

Jika ingin membeli pakaian di pasar tradisional, per buahnya dihargai tidak lebih dari THB 300. Sementara itu, jika kalian beli barang branded, kemungkinan harganya akan sama dengan dimana pun.

Jika ingin langganan Netflix, kalian perlu mengeluarkan THB 350 per bulan. Sementara itu, pengeluaran tambahan untuk Youtube premium adalah sebesar THB 159 per bulan.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang diperlukan untuk biaya hidup di Bangkok selama satu bulan adalah THB 27.409 atau setara dengan Rp. 12.879.276 jika 1 THB sama dengan Rp. 469.

Namun, perlu diketahui bahwa angka ini tidak mutlak karena tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan setiap orang. Tentu saja, bagi yang sudah berkeluarga pengeluaran akan jauh lebih banyak daripada yang masih sendiri.

Nah, jadi apakah tinggal di Bangkok murah atau mahal?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *