10 Negara Dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

  • Whatsapp

Kuliah dan tinggal di luar negeri menjadi impian bagi sebagian besar orang. Sebab, dengan tinggal di luar negeri kita bisa melatih kemandirian dan melihat dunia ini dengan pandangan yang berbeda.

Selain itu, tinggal di luar negeri tentunya menjadi prestise tersendiri bagi beberapa orang, apalagi jika bisa memiliki penghasilan yang lebih tinggi daripada di negara asalnya. Memiliki komunitas internasional juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Read More

Sayangnya, banyak negara yang memiliki biaya hidup cukup mahal, apalagi bagi mahasiswa atau pekerja yang baru saja merintis karir. Nah, kira-kira negara apa saja tuh?

Berikut ini adalah daftar 10 negara dengan biaya hidup termahal di dunia 2020 sesuai dengan urutan, beberapa di antaranya adalah destinasi favorit untuk kuliah. Yuk, kita simak dulu.

1. Swiss

Ketika mendengar nama negara “Switzerland”, pasti rata-rata orang berpikir tentang alam yang asri. Pegunungan menjulang tinggi dengan salju abadi, dan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata.

Namun, jangan salah, kita juga bisa merasakan kehidupan perkotaan di Swiss. Salah satu kota terbesarnya, yaitu Zurich, bahkan adalah salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Eropa lho.

Harga barang-barang pokok di Swiss memang tergolong lebih mahal daripada di negara-negara lain, terutama untuk makanannya. Namun, hal ini berbanding lurus dengan gaji para pekerja di sana lho.

Pendapatan para pekerja di Swiss adalah salah satu yang paling tinggi di dunia. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai hal ini ya.

2. Norwegia

Disusul pada urutan kedua, ada salah satu negara di kawasan Skandinavia, yaitu Norwegia. Negara ini memang terkenal dengan fjords dan iklim yang cenderung dingin sepanjang tahun.

Norwegia memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia, tidak kalah dengan Jerman dan negara-negara lain di Eropa Barat. Sayangnya, biaya hidup di negara ini juga cukup mahal, apalagi harga makanan.

Kabarnya, harga makanan di restoran bisa mencapai 25 persen lebih mahal daripada di Kota New York, Amerika Serikat lho. Jadi, jika kalian ingin merantau ke sini, memiliki kemampuan memasak akan sangat membantu.

Namun, kabar baiknya mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja hingga 20 jam per minggu dengan izin bekerja.

3. Islandia

Masih di kawasan Eropa Utara, ada Negara Islandia yang terpisah dari daratan Eropa dan sangat dekat dengan Kutub Utara. Oleh karena letaknya inilah, Negara Islandia dikenal dengan iklim dingin sepanjang tahun sehingga cukup sepi dari manusia.

Pemandangan alam di Islandia juga tidak kalah bagusnya dengan negara-negara Nordik lainnya lho. Negara ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora borealis!

Biaya sewa hunian di negeri ini memang lebih rendah dari New York, namun harga makanan di sini bisa mencapai 33 persen lebih tinggi lho.

4. Jepang

Tidak hanya di Eropa, Jepang adalah salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia tahun 2020. Terletak di Asia Timur, harga sewa hunian di Jepang adalah salah satu yang paling mahal lho!

Tingginya biaya akomodasi di Jepang disebabkan karena keterbatasan lahan di Negeri Matahari Terbit ini. Sebagai contoh, harga sewa apartemen di pinggir kota seluas 85 meter persegi mencapai Rp. 35.000.000 per bulan lho!

Selain itu, biaya makanan di Jepang juga terbilang mahal, apalagi di Kota Tokyo yang merupakan pusat bisnis Negeri Sakura ini. Setidaknya, kalian perlu menyiapkan uang sebesar 1.000 Yen untuk makan siang.

Namun, gaji para pekerja di Jepang juga cukup tinggi kok, rata-rata sebesar 282.000 Yen atau setara dengan Rp. 37.000.000 per bulan!

5. Denmark

Kembali lagi ke Benua Eropa, khususnya Eropa Utara, ada Negara Denmark. Negara yang terkenal dengan patung putri duyungnya ini adalah salah satu yang memiliki kualitas hidup terbiak di dunia.

Meskipun tidak semahal di Swiss atau Islandia, biaya hidup di Denmark masih tergolong tinggi di dunia. Untuk satu kali makan saja kalian membutuhkan setidaknya Rp. 250.000 per orang lho.

Namun, masyarakat Denmark memiliki penghasilan yang cukup tinggi per bulannya. Rata-rata, gaji pekerja di Denmark mencapai Rp. 43.000.000 satu bulan lho. Jadi, pengeluaran berbanding lurus dengan gaji ya!

6. Bahamas

Saat mendengar nama negara ini, hal apakah yg pertama kali muncul di benak kalian? Pantai-pantai eksotis dengan hamparan laut biru yg luas dan menyegarkan mata? Tempat favorit untuk liburan bagi para pecinta pantai?

Terletak di kawasan Segitiga Bermuda, Bahamas memang memiliki suasana tropis yg eksotis. Kawasan ini adalah salah satu yang paling populer untuk tujuan liburan bagi orang-orang di Benua Amerika.

Namun, dibalik keeksotisan pantai-pantainya, biaya hidup di Bahamas ternyata tergolong mahal lho. Hal ini kemungkinan disebabkan karena keterbatasan lahan sehingga mengimpor barang adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

7. Luksemburg

Kembali ke wilayah Eropa, ada Luksemburg sebagai negara dengan biaya hidup termahal ke tujuh di dunia. Salah satu negara dengan luas wilayah terkecil di dunia ini tidak memiliki wilayah laut karena diapit oleh Jerman, Belgia, dan Perancis.

Meskipun luas wilayahnya kecil, biaya hidup di Luksemburg cukup mahal lho. Kabarnya, biaya untuk kebutuhan sehari-hari di Luksemburg 16 persen lebih tinggi daripada di New York, Amerika Serikat.

Harga makanannya pun juga cukup mahal, sehingga apabila kalian berpikir ingin merantau ke sini akan lebih baik jika memiliki bekal kemampuan buat memasak.

8. Israel

Siapa yang merasa tidak menyangka ada Israel sebagai salah satu negara yg memiliki biaya hidup tertinggi di dunia? Sayangnya, tahun ini Israel masuk dalam daftar 10 besar lho.

Hal ini diduga disebabkan oleh nilai tukar Dollar yang melemah dan mengakibatkan beberapa tempat harus meningkatkan taraf hidupnya, termasuk Israel. Harga-harga kebutuhan pokok di tempat ini pun melonjak drastis!

Padahal lima tahun yg lalu, ibukota Israel, Tel Aviv masih ada di peringkat ke 34. Wah, siapa yg menyangka akan meningkat secepat ini ya?

9. Singapura

Tidak jauh dari Indonesia, ternyata ada tetangga kita di peringkat sembilan. Singapura memang sudah terkenal sebagai salah satu negeri yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Beberapa universitas di sini termasuk yang terbaik di dunia!

Negeri yang terkenal dengan Patung Merlion ini memiliki luas wilayah yang sangat kecil. Kabarnya, luas wilayah Singapura lebih kecil daripada Danau Toba lho! Nah, hal inilah yang menyebabkan mahalnya biaya hidup di Singapura.

Luas wilayah yg sempit tidak memungkinkan Negeri Singa ini untuk memproduksi barang-barang sendiri, sehingga kebanyakan barang diimpor dari negara lain. Hebatnya, mereka bisa menjadi yg paling maju di Asia Tenggara!

10. Korea Selatan

Saat mendengar nama “Korea Selatan”, sebagian dari kalian pasti langsung kepikiran tentang drama korea yg identik dengan adegan romantis dan diperankan oleh para aktor tampan dan aktris cantik.

Korea Selatan memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan dan kuliah. Biaya hidup di Korea Selatan lebih murah dari Jepang, namun kualitas hidup dan pendidikannya tidak kalah dengan Negeri Sakura.

Namun, biaya hidup di Negeri Ginseng ini tetap mahal, bahkan harga kebutuhan pokok bisa 50 persen lebih tinggi daripada di New York!

Itulah beberapa negara dengan biaya hidup termahal di dunia tahun 2020. Beberapa di antaranya memang tujuan yg terkenal untuk wisata dan kuliah. Nah, apakah ada negara yang ingin kalian tempati?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *