10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Adakah Tempat Tinggalmu?

  • Whatsapp

Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan biaya hidup yang tergolong murah, apalagi jika dibandingkan dengan negara-negara barat. Tidak perlu jauh-jauh, dengan Singapura yang merupakan negara tetangga saja lebih murah lho!

Membentang dari Sabang sampai Merauke, Negara Indonesia memiliki banyak sekali kota. Tentunya, setiap kota memiliki biaya hidup yang berbeda-beda. Semakin besar sebuah kota, maka semakin mahal pula biaya hidupnya.

Read More

Jika kalian tinggal di ibukota, tentunya biaya hidup akan lebih mahal daripada di kota kecil. Berbeda dengan berbagai kota besar seperti Jakarta, biaya hidup di daerah pasti akan jauh lebih murah dan ramah bagi mahasiswa. Nah, daerah apa saja tuh yang biaya hidupnya murah?

Berikut ini adalah daftar 10 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia 2020 yang bisa dijadikan referensi, terlebih bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar kota.

1. Solo

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Solo adalah salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, baik untuk wisatawan maupun masyarakat lokal yang tinggal di sini.

Daerah asal Presiden Joko Widodo ini memang tidak banyak menekan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti tempat tinggal, transportasi, konsumsi, rekreasi, dan berbagai keperluan rumah tangga.

Di kota ini, kalian bisa menemukan aneka makanan dengan harga Rp. 5.000 per porsi saja lho! Sangat murah kan dibandingkan dengan Jakarta? Tidak heran ya apabila Solo disebut sebagai salah satu yang paling ramah terhadap kantong mahasiswa!

Buat kalian yang berpikiran ingin kuliah di Solo, ada kampus negeri yang cukup terkenal yaitu Universitas Sebelas Maret alias UNS lho.

2. Purwokerto

Ada daerah lain di Jawa Tengah nih yang masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, yakni Purwokerto. Biaya untuk kebutuhan primer seperti tempat tinggal, transportasi, konsumsi, dan kebutuhan rumah tangga cukup murah di sini.

Meskipun termasuk sebuah kota kecil, Purwokerto tetap memiliki banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk rekreasi lho. Kalian juga bisa menemukan pusat perbelanjaan di sini.

Selain itu, kini kalian juga bisa menemukan berbagai tempat nongkrong yang fotogenik untuk bersantai di Purwokerto lho.

Jika kalian tertarik untuk kuliah di Purwokerto, ada sebuah universitas negeri yang cukup terkenal yaitu Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed.

3. Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Tentu saja, kota di bagian selatan Pulau Jawa ini sangat terkenal sebagai salah satu yang ramah bagi kantong mahasiswa. Biaya untuk kehidupan sehari-hari cukup murah di Jogja.

Harga sewa kost di Jogja sangat bervariasi, termurah bisa mencapai Rp. 300.000 per bulan. Selain itu, kalian juga masih bisa menemukan satu porsi makanan dengan harga di bawah Rp. 10.000 lho.

Jogja pun memiliki beberapa universitas yang cukup terkenal, salah satunya adalah Universitas Gajah Mada alias UGM. Selain itu, di Jogja juga sudah banyak fasilitas umum dan obyek wisata yang bisa dikunjungi saat waktu luang.

Oleh karena itu, tidak heran apabila Jogja selalu menjadi tujuan favorit para mahasiswa dari seluruh Indonesia setiap tahunnya ya!

4. Kudus

Satu lagi kota di Jawa Tengah yang terkenal memiliki biaya hidup murah adalah Kudus yang merupakan daerah penghasil rokok. Dalam satu bulan, satu keluarga hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000.000 saja lho.

Jika kalian berpikir untuk pindah ke Kudus bersama dengan keluarga, ini bisa menjadi salah satu keputusan yang tepat. Biaya untuk bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari di sini sangat murah!

Tentunya, tidak hanya bagi masyarakat lokal saja, daerah ini juga ramah kok bagi dompet para wisatawan.

5. Cirebon

Beralih ke bagian barat Pulau Jawa, ada Cirebon dengan biaya hidup yang cukup murah bagi mahasiswa maupun para pekerja. Biaya tempat tinggal, transportasi, makanan, dan rekreasi di kota ini cukup murah lho.

Buat mahasiswa, harga sewa kost berkisar antara Rp. 500.000 hingga 800.000 per bulan, tidak jauh berbeda dari Jogja. Untuk makanan, per minggu berkisar antara Rp. 200.000 hingga 250.000 untuk satu orang.

Nah, buat kalian yang ingin liburan ke Cirebon, jangan khawatir ya karena kota ini cukup ramah bagi semua jenis kantong lho.

6. Banyuwangi

Tidak hanya di Jawa Tengah dan Jawa Barat saja, Provinsi Jawa Timur juga punya lho salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Terletak di pantai utara Pulau Jawa, Banyuwangi adalah salah satu kota yang cukup ramah bagi kantong kalian nih!

Beberapa tahun terakhir, Banyuwangi telah menjadi kota tujuan favorit wisatawan di Pulau Jawa. Tidak hanya ramah bagi dompet wisatawan, tapi juga bagi masyarakat lokal yang tinggal di kota ini.

Kabarnya, kalian bisa menikmati hidup di Kota Banyuwangi dengan hanya Rp. 3.000.000 per bulan lho!

7. Probolinggo

Selain Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur punya kota lain yg masuk dalam daftar biaya hidup termurah di Indonesia yaitu Probolinggo. Terletak 100 km dari Surabaya, Probolinggo juga termasuk daerah pinggir pantai lho.

Oleh karena itu, tidak heran apabila Probolinggo terkenal dengan aneka seafood yang begitu menggoda. Selain makanan lautnya, Probolinggo juga terkenal dengan biaya hidupnya yang terbilang murah.

Tidak jauh berbeda dari Banyuwangi, biaya hidup di Probolinggo hanya mencapai Rp. 3.000.000 per bulan!

8. Sibolga

Sekarang kita beralih ke luar Pulau Jawa ya, ada Sibolga di Sumatera Utara. Terletak di bagian pantai barat, Sibolga memiliki kekayaan alam yg melimpah, dari pantai hingga pegunungan untuk menggoda para turis.

Jika kalian berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke Sumatera Utara, Sibolga adalah daerah lain yg bisa dikunjungi selain Medan. Kota ini tidak kalah indahnya lho dibandingkan dengan ibukota Sumatera Utara.

Biaya hidup di Sibolga juga lebih ramah di kantong para wisatawan dan masyarakat lokal. Kalian hanya perlu mengeluarkan Rp. 1.000.000 hingga 1.500.000 per bulan lho!

9. Metro

Siapa yg pernah mendengar kota ini? Sebenarnya, Metro bukanlah kota kecil melainkan kota besar yg cukup penting di Provinsi Lampung. Meskipun begitu, biaya kebutuhan untuk sehari-hari di sini cukup murah lho.

Harga sewa kamar di Metro rata-rata adalah Rp. 4.000.000 per tahun atau setara dengan Rp. 350.000 per bulan. Sementara itu, biaya untuk makan satu bulan rata-rata adalah Rp. 600.000 hingga 800.000.

Jika dihitung-hitung, kalian sudah bisa hidup dengan biaya Rp. 3.000.000 per bulan di Metro. Wah, cukup murah untuk ukuran kota besar ya? Cocok nih untuk tempat tinggal baru kalian!

10. Singaraja

Terakhir, ada Singaraja di Pulau Bali yg masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia nih! Hal ini tentu membuktikan, bahwa hidup di Bali itu tidak selalu mahal, tergantung dari daerahnya.

Selama ini, banyak wisatawan yg berkunjung ke Singaraja untuk berlibur selama di Pulau Bali. Namun, Singaraja juga cocok lho bagi kalian yang ingin menetap di Pulau Bali dengan biaya hidup murah.

Satu keluarga yg tinggal di Singaraja hanya membutuhkan biaya hidup sekitar Rp. 3.100.000 per bulan lho. Nah, cukup ramah kan bagi dompet masyarakat?

Itulah 10 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia tahun 2020 tanpa memperhatikan urutan. Namun, perlu diketahui bahwa biaya hidup bersifat relatif, tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan seseorang. Nah, jadi dari 10 kota di atas, apakah ada tempat tinggalmu?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *