10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah

  • Whatsapp
10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah

Menikmati keindahan alam pegunungan memang selalu mampu memberi kesan tersendiri. Selain dapat merasakan kesejukan udara, kita juga akan dimanjakan dengan panoramanya.

Berbatasan dengan negara Filipina, Sulawesi Utara terkenal memiliki banyak gunung meski wilayahnya terbilang tidak begitu luas. Hanya saja, sejumlah gunung di Sulut memiliki elevasi atau ketinggian yang rendah dibawah 2000 mdpl.

Read More

Namun begitu, Sulawesi Utara punya beberapa rekomendasi gunung yang bagus untuk kamu kunjungi. Dari puncak-puncaknya, suguhan pemandangan alamnya terlihat begitu indah.

Dan JejakPiknik telah merangkum 10 puncak gunung di provinsi Sulawesi Utara yang memiliki pemandangan indah dari berbagai sumber. Apa saja namanya? Yuk simak!

1. Gunung Klabat

Foto By @like_manado_

Untuk kamu para pecinta alam bebas, ada Gunung Klabat yang bisa dijadikan destinasi petualangan. Masyarakat Minahasa Utara (Tonsea) biasanya menyebutnya dengan nama Mount Tamporok.

Memiliki ketinggian 2.100 mdpl, membuatnya menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Nama Klabat diambil dari bahasa Minahasa yakni “Kalawat” yang artinya satwa lokal atau babi rusa.

Karena memiliki trek cukup menantang, gunung api yang sudah tidak aktif ini termasuk salah satu tempat favorit para pendaki professional. Dari atas puncaknya, kamu akan disuguhi pemandangan indah kota Manado dengan pantai di sekelilingnya.

2. Gunung Soputan

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 1
Foto By @moses_jw

Secara kasat mata, dari kejauhan gunung api yang terletak di Tombatu, Minahasa Tenggara ini puncak terlihat mirip dengan merapi. Hampir setiap tahunnya Soputan pasti meletus namun dengan intensitas kecil, sama seperti Krakatau sekarang.

Memiliki ketinggian1784 mdpl, Soputan yang terkenal penuh mistis ini letaknya berdekatan dengan Mount Lokon, jaraknya hanya sekitar 37 km saja.

Soputan yang kerap masuk dalam daftar soal TTS ini memiliki cukup banyak rute pendakian dan enaknya lagi, sudah ada team adventure yang siap mengantarkanmu menggunakan motor trail.

3. Gunung Lokon

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 2
Foto By @nursahika157

Termasuk sebagai salah satu gunung berapi aktif di Sulawesi Utara, Lokon Mountain memiliki puncak datar. Sementara kawah aktifnya terletak di kakinya yang dikenal dengan nama “Tompaluan”.

Lokon sangat direkomendasikan bagi para pendaki professional. Pasalnya, trek yang ditawarkan cukup sulit. Kemiringan lereng berbentuk kubah didominasi oleh rumput tajam setinggi 8 kaki, sehingga sangat licin.

Namun begitu, tidak bisa dipungkiri kalau Mount Lokon memiliki bentangan alam begitu indah. Sehingga tak heran bila banyak wisatawan lokal ataupun turis asing ingin sekali melihat keindahan gunung setinggi 1.580 meter diatas permukaan laut ini.

4. Gunung Mahawu

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 3
Foto By @pegi_pegi

Gunung berapi bertipe stratovolcano di daerah Tomohon ini termasuk salah satu objek wisata yang family friendly. Pasalnya, hanya dengan menempuh waktu 10 menit perjalanan, kamu sudah tiba di puncaknya.

Selain dilengkapi dengan fasilitas memadai, Mahawu juga menjadi spot incaran para pemburu foto-foto atau gambar instagenic. Saat berada di puncaknya, kamu akan melihat putihnya kabut awan dan indahnya pemandangan.

Disamping lerengnya yang melandai dan memiliki ketinggian 1.311 mdpl, Mahawu juga mempunyai danau kawah berwarna hijau dengan kedalaman sekitar 140 meter.

5. Gunung Ambang

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 4
Foto By @kotakotamubagu

Untuk kamu para penggiat alam bebas, tak ada salahnya hari libur berikutnya diisi dengan aktivitas mendaki Mount Ambang di Sulawesi Utara. Sebab akan banyak sekali keunikan yang bisa ditemui di sepanjang perjalanan menuju area puncaknya.

Contohnya bertemu hewan endemiknya seperti anoa dan lainnya. Mount Ambang termasuk salah satu cagar alam yang dilindungi. Letaknya sendiri mencakup Minahasa Selatan serta Bolaang Mongondow.

Namun untuk menikmati keindahan alamnya, kamu akan dipungut biaya karena Mount Ambang termasuk objek wisata bertarif di Sulawesi Utara. Dengan keindahan alamnya yang begitu memukau, jangan sampai lewatkan mengambil gambar atau foto-foto epic ya.

6. Gunung Tampusu

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 5
Foto By @arlanmursid_

Tampusu mountain juga cocok buat kamu datangi untuk melihat betapa cantiknya alam Sulawesi Utara. Tidak perlu mendaki, sebab puncaknya sangat mudah dicapai dan hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja buat sampai kesana.

Jangan lupa bawa perbekalan, karena Tampusu punya bonus danau keren yang bisa bikin kamu betah berlama-lama. Berkunjung kesana harus tetap hati-hati ya, karena tempat tersebut dikenal sebagai habitat lintah.

Danau unik yang terletak diatas punggung Tampusu ini termasuk destinasi favorit para wisatawan lho, khususnya bagi mereka yang hobi mendaki dan camping.

7. Gunung Empung

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 6
Foto By @iapontoh

Disebut sebagai kembarannya Lokon, Mount Empung juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pendaki. Menurut cerita masyarakat Sulawesi Utara, ini adalah gunung tertua dan pertama di provinsi Sulut.

Selain berpetualang menikmati alam bebas, kamu pun bisa melihat bagaimana kehidupan warga setempat yang bekerja mencari rotan di hutan.

Namun jika ingin mengenal lebih dekat mengenai gunung berapi aktif ini, ada baiknya kamu mengandalkan jasa penduduk setempat sebagai pemandu agar nantinya tidak sampai tersesat.

8. Gunung Masarang

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 7
Foto By @glenda.winnie.372

Terletak di wilayah Tondano bagian utara dan bisa diakses dengan begitu mudah dari Tomohon membuat, Mount Masarang menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan saat berkunjung ke Sulawesi.

Apalagi puncaknya tidak terlalu tinggi dan trek yang dilalui pun cukup mudah. Namun sangat disayangkan, Masarang belum dilengkapi dengan fasilitas memadai.

Memiliki ketinggian 560 meter diatas permukaan laut, Masarang memiliki satu puncak lainnya yang letaknya dekat dengan kota Tomohon.

9. Gunung Karangetang

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 8
Foto By @pendaki.sulut

Dikenal juga dengan nama Api Siau, Mount Karangetang termasuk salah satu destinasi favorit para penggiat alam bebas di provinsi Sulut. Letaknya sendiri berada tepat di kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Tercatat, gunung berapi teraktif di Indonesia ini telah meletus lebih dari 40 kali sejak tahun 1675 dan letusan terakhir terjadi pada 2011 lalu.

10.Gunung Kasuratan

10 Gunung di Sulawesi Utara Yang Memiliki Panorama Indah 9
Foto By @yurisharon0129

Berada pada ketinggian 1.059 meter diatas permukaan laut dan dekat dengan gunung Tampusu, Mount Kasuratan juga layak buat kamu kunjungi saat hari libur nanti.

Kasuratan ini termasuk objek unik karena memiliki sebuah wilayah yang dialiri dengan lumpur panas, namanya yakni desa Tondangow.

Nah, bagi kamu para pecinta wisata gunung, Sulawesi Utara bisa dijadikan sebagai destinasi saat liburan akhir tahun nanti. Jadi, sudah siap berpetualang mengitari keindahan provinsi ini?

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *